RPP Geografi

Bagi Sutradara RPP adalah skenario. Sebuah film akan absurd tanpa sebuah skenario. Film yang baik diawali oleh penulisan skenario yang baik. Dengan skenario yang baik, seluruh seniman film akan bekerja lebih terarah, terukur, karena totalitas cerita dan adegan telah tergambar dengan jelas.

Bagi traveler RPP adalah kompas dan peta perjalanan. Dari mana, mau ke mana, melanjutkan ke mana. Tanpa peta perjalana traveler akan mudah tersesat. Perjalanan tanpa peta dapat saja dilakukan, syaratnya sang traveler memiliki mental map yang baik. Syarat kedua tempat yang mau dikunjungi pernah didatangi. Jika tidak ada dua syarat itu traveler siap-siap tersesat, kecuali tersesat memang tujuan utamanya. (he..)

Bagi guru RPP adalah sesuatu yang membosankan. Kenapa? Karena tidak ada sutradara yang mau membuat film dua kali dengan skenario yang sama. Traveler pemula pun jika hendak pergi ke toilet di dalam rumahnya sendiri tidak perlu membawa peta dan kompas. Tapi guru setiap hari masuk kelasĀ  bertemu murid yang sama, setiap tahun pembelajaran masuk kelas mengajar materi yang sama dituntut buat selalu bawa RPP.

Hanya sutradara bodoh yang tidak dapat improv dengan sekenario yang ada. Perjalanan tidak akan menyenangkan jika selalu on the track. Hidup butuh tantangan agar lebih bergairah. Biarlah RPP ada sebagai track, perjalananya biar kita atur sambil jalan.

Yang gak punya RPP boleh dowload di bawah ini. Lumayan buat nyenengin kurikulum.

RPP Kelas 10

RPP Kelas 11

RPP Kelas 12