Materi 11.2 Plora Fauna di Indonesia dan Dunia

”Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila Kami turunkan air di atasnya, hiduplah bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indah.” (QS Al Hajj: 5)

Marilah kita perbanyak bersyukur pada Allah SWT yang telah banyak memberikan rizki pada kita, karena hanya Dialah yang mempu membuat ada dari sesuatu yang asalnya tidak ada. Allah menciptakan aneka ragam tumbuhan, aneka jenis hewan, yang unik-unik untuk kita (manusia). Tidak ada yang Allah ciptakan menjadi sia-sia, bahkan makluk yang kecil seperti bakteri atau virus.

Karakteristik Bioma di Dunia

Bioma menurut Charles Kendrich adalah bagian unit-unit geografis di planet bumi yang berukuran besar, dengan didasarkan pada sejumlah perbedaan tipe-tipe klimaks dari serangkaian iklim, lingkungan, habitat pada flora dan fauna yang jumlahnya tidak terbatas. 

Coba kita jabarkan sedikit dari apa yang dikemukaan oleh Charles Kendrich ini bahwa bioma adalah tipe-tipe klimaks dari suatu hubungan ketergantungan antara flora fauna dan lingkungannya. Apa itu tipe-tipe klimaks bisa kita simak dari diskusi yang saya ambil dari laman BRAINLY yang bicara tentang “Tipe klimaks suatu suksesi”.

Suksesi adalah suatu proses perubahan, berlangsung satu arah secara teratur yang terjadi pada suatu komunitas dalam jangka waktu tertentu hingga terbentuk komunitas baru yang berbeda dengan komunitas semula. Dengan perkataan lain. suksesi dapat diartikan sebagai perkembangan ekosistem tidak seimbang menuju ekosistem seimbang.

Suksesi terjadi sebagai akibat modifikasi lingkungan fisik dalam komunitas atau ekosistem. Akhir proses suksesi komunitas yaitu terbentuknya suatu bentuk komunitas klimaks. Komunitas klimaks adalah suatu komunitas terakhir dan stabil (tidak berubah) yang mencapai keseimbangan dengan lingkungannya.

Dapat kita simpulkan bahwa bioma adalah komunitas yang stabil, karena telah mencapai titik keseimbangan dengan lingkungannya. Bioma sebenarnya sama dengan ekosistem, namun dalam skala besar dengan daerah yang terdiri dari flora dan fauna yang khas.

ciri ciri bioma:

  • Bioma dapat dikenali melalui pengamatan sederhana terhadap jenis vegetasi yang mendominasinya.
  • Interaksi terbentuk dari berbagai unsur lingkungan yang meliputi iklim, air, tanah, dan organisme-organisme pada suatu daerah tertentu.
  • Terdiri atas komunitas klimaks atau sekumpulan berbagai macam populasi yang menjadi penanda melalui bentuk vegetasi utama yang mendominasi di suatu wilayah tertentu.
  • Komunitas hidupnya cukup stabil, kecuali apabila terjadi suatu hal yang mengakibatkan kondisi komunitas menjadi tidak stabil atau terganggu.
  • Nama bioma biasanya diberikan dengan melihat atau menyesuaikan dengan vegetasi yang mendominasi.

Bioma terbagi dalam beberapa jenis antara lain:

  1. Bioma Tundra
  2. Bioma Taiga
  3. Bioma Gurun
  4. Bioma Stepa tau Padang Rumput
  5. Bioma Hutan Gugur
  6. Bioma Hutan Hujan Tropis
  7. Bioma Sabana

Bioma Tundra

Bioma tundra adalah jenis bioma yang didominasi oleh tumbuh-tumbuhan kecil seperti rumput dan lumut, serta tidak ada pepohonan sama sekali. Persebaran bioma tundra mulai dari lingkungan dengan iklim es abadi seperti di sekitar kawasan kutub utara dan beberapa wilayah kutub selatan.

Istilah tundra dapat diartikan sebagai dataran yang tidak memiliki pepohonan. Selain lumut dan rumput, tumbuhan berbunga kecil juga menjadi vegetasi alami dari jenis bioma ini. Contoh kawasan dengan bioma tundra adalah lingkar artik, Greenland yang berada di kutub utara.

Terbentuknya Bioma tundra adalah karena lingkungan alam yang gelap dalam jangka waktu yang lama yang disebabkan oleh tidak terjangkaunya sinar matahari untuk menyinari daerah ini. Sehingga pada daerah ini hanya terdapat beberapa pohon kerdil, bahkan kebanyakan hanya terdapat lumut, terutama sphagnum dan lumut kerak (lichens).

Ciri-ciri yang terdapat pada Bioma Tundra antara lain :
  1. Hampir semua wilayahnya tertutup oleh salju/es mudahnya gurun es.
  2. Memiliki musim dingin yang panjang dan gelap serta musim panas yang panjang dan terang. Peristiwa ini terjadi karena gerak semu matahari hanya sampai di posisi 23,5° LU/LS.
  3. Permafrost, yaitu dimana tanah dibawah permukaan beku secara permanen.
  4. Kecepatan angin yang tinggi dan suhu yang dingin menciptakan komunitas tumbuhan yang sama, yang disebut tundra alpine.
  5. Sangat sedikit curah hujan tahunan, air tidak dapat menembus permafrost di bawahnya dan akan menumpuk di dalam kolam di atas bunga tanah yang dangkal selama musim panas yang pendek.
  6. Bioma Tundra menutupi luas yang sangat besar di Arktik, yang mencapai 20% permukaan tanah di bumi.
  7. Keanekaragaman biotik rendah, struktur vegetasi yang sederhana, dan Usia tumbuh tanaman yang sangat pendek, hanya berkisar 30-120 hari (1-4 bulan).
  8. Musim tanam berkisar 50 sampai 60 hari, dengan suhu rata – rata 3º – 120C yang memungkinkan vegetasi pada bioma tundra dapat bertahan hidup.
  9. Curah hujan tahunan, termasuk saat salju mencair adalah 15 – 25 cm.
  10. Energi dan nutrisi dalam bentuk bahan organic yang telah mati.
  11. Nitrogen diciptakan oleh fiksasi biologis dan fosfor yang dibuat oleh curah hujan.
  12. Tanaman dapat melakukan fotosintesis pada temperatur dan intensitas cahaya yang rendah.

Bioma tundra dibedakan atas dua macam, yaitu tundra arktik dan tundra alpin.

  • Tundra Arktik, terbentuk sejak 10.000  tahun yang lalu dan merupakan bioma termuda di dunia. Bioma tundra arktik terletak diantara kutub utara dan hutan jenis konifera atau wilayah Hutan Taiga. Daerah yang dikenal sebagai tundra basah ditemukan di seluruh wilayah sub-Arktik dan terdiri dari lapisan tanah beku permanen di sekitar 2.000 meter yang dikenal sebagai permafrost. Bagian lain dari tundra disebut semak Arktik yang terdiri dari daerah aliran sungai dan lembah terlindung yang berfungsi sebagai habitat keanekaragaman hayati. Vegetasi pada tundra arktik ini mampu melawan iklim dingin dan terdapat sekitar 1700 jenis tanaman yang didalamnya termasuk semak-semak rendah, sedges, lumut rusa, rumput, 400 varietas bunga, crustise dan foliose lumut.
  • Tundra alpine, terletak di atas pegunungan dengan ketinggian tinggi dan dingin di seluruh dunia. Tanah di tundra alpine telah terkuras dan tanpa nutrisi, sehingga mustahil bagi pohon untuk ditanam pada daerah ini walaupun tanahnya tidak membeku sepanjang tahun seperti pada daerah tundra Arktik. Beberapa bagian dari tundra alpine dikenal sebagai tundra kering. Vegetasi tundra alpin didominasi oleh rumput alang-alang, perdu, lumut daun, dan lichen.

Bioma Taiga

 

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persebaran Flora dan Fauna di Dunia

Persebaran Jenis-jenis Flora dan Fauna di  Indonesia dan Dunia

Faktor Persebaran Flora

Faktor Persebaran Fauna

Konservasi Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia

Sebaran Flora Fauna di Indoensia

Sebaran Flora Fauna di Indoesia

Pemanfaaatan Flora dan Fauna Sebagai Sumber Daya Alam

 

Sumber:

https://ilmugeografi.com/