Buat kartu soal dinamis menggunakan Adobe Illustrator Data Variable

 

Halo. Sobat guru. Tentu pekerjaan yang menjemukan jika harus membuat kisi-kisi, soal, sekaligus kartu soalnya, karena akan seperti mengulang-ulang pekerjaan. Kali ini saya mau berbagi cara membuat kartu soal dengan menggunakan softwere Adode Illustrator CS 6.

Pertama kita siapkan kisi-kisi di Microsoft Excel.

 

Beri nama “dataset” pada nama kolom paling kiri, dan jangan ada data yang sama pada data kolom “dataset” data ini akan dirubah jadi data XML. untuk setiap nama kolom jangan gunakan spasi.

Click here to continue reading

Kedua, layout soal pada Microsoft Word menjadi 1 soal untuk tiap halamannya, ukuran kertas A4, landscape.

Lalu print file tersebut sebagai PDF dengan langkan sebagai berikut. Pilih file kemudin Print, pilih printer (Microsoft Print to PDF), kemudian print, lalu save dengan nama file yang kita inginkan.

Langkah ketiga adalah merubah file PDF soal yang kita buat menjadi file gambar berformat JPG. konvert file PDF secara online dengan www.pdftoimage.com PDF to IMAGE converter. upload file PDF yang hasil print PDF dari soal.

setelah proses convert selesai, download data hasil konvert tersebut, simpan pada polder yang kita pilih, kemudian extract pada polder yang sama.

Langkah Ke-5 buka Adobe Illustrator, dan buat file baru dan atur layout seperti di bawah ini atau menurut yang diinginkan.

Kotak berwarna kuning adalah image placeholder (berupa file JPG) yang di insert (place) pada file>place di Illustrator. Kotak ini yang akan kita isi secara dinamis dengan file soal JPG yang telah kita buat. Buat file gambar kotak tersebut dengan Photoshop atau yang lain, dengan ukuran A4, landscape (width: 841.89 px, height 595.28 px). Simpan file IMAGE PLACEHOLDER tersebut pada folder yang sama dengan file-file soal JPG yang kita download dan telah di extract dari converter.

Tahap Ke-6, mulai menggunakan Illustrator Data Variable. atur mode Adobe Illustrator pada automation, pilih image kotak warna kuning (IMAGE PLACEHOLDER), klik Make Object Dynamic, kemudian klik Capture Dataset, pada Variables Menu, Save Variable Library. Simpan pada folder yang kita pilih sebagai XML.

Buka file data XML yang kita simpan dengan Softwere edit text. (saya menggunakan softwere Cede Writer yang di download secara free dari Windows Store).

data

file:///C:/Users/geoni/Dropbox/KBM/PERANGKAT LIVE TIME K13/PENILAIAN/PENILIAN KOGNITIF/KELAS 10/SOAL102/ZPLACHOOLDERXXX.jpg

ini adalah directory file yang akan kita gunakan untuk memasukkan link file soal JPG ke kisi-kisi pada Microsoft Excel.

Langkah ke-7 buka folder soal JPG pada explorer

pilih semua file JPG pada folder tersebut, klik copy path, klik New pada Code Writer, New Dokument>Text. klik paste pada lembar dokumen Code Writer.

rubah teks

"C:\Users\geoni\Dropbox\KBM\PERANGKAT LIVE TIME K13\PENILAIAN\PENILIAN KOGNITIF\KELAS 10\SOAL102\SOAL102-01.jpg"

dengan find/replace. agar teksnya sama dengan teks XML data variable yang kita buat.

file:///C:/Users/geoni/Dropbox/KBM/PERANGKAT LIVE TIME K13/PENILAIAN/PENILIAN KOGNITIF/KELAS 10/SOAL102/SOAL102-01.jpg

Lakukan untuk semua data. hasil sbb.

block seluruh data, kemudian kik kanan, lalu copy. Buka file kisi-kisi pada Excel, paste special, AS Unicode Text pada kolom soal.

Hasilnya sbb.

Blok seluruh tabel, kemudia copy.

Langkah Ke-8 konvert data tabel Kisi-kisi yang yang dicopy tadi secara online dengan http://joaofaraco.com.br/converter/

paste pada lemar paste your data here di joaofaraco, kemudia klik di lembar bawahnya, dan Copy the generated XML, kemudia pada lembar paste it in a text editor and save it as .XML. klik copy.

Buka Code Writer, kemudan New, pilh Text. control A untuk memblok seluruh halaman, kemudian, klik kanan, lalu paste.

ada sedikit yang harus kita modifikasi agar data XML yang kita buat dapat kita upload ke Adobe Illustrator variable.

pada teks

<variable varName="SOAL" trait="textcontent" category="&ns_flows;"></variable>

rubah menjadi

<variable varName="SOAL" trait="fileref" category="&ns_vars;">

karena pada data tersebut tertulis textcontent sedang kita akan memasukkannya sebagai link file.

lalu rubah seluruh data file image.

<p>file:///C:/Users/geoni/Dropbox/KBM/PERANGKAT LIVE TIME K13/PENILAIAN/PENILIAN KOGNITIF/KELAS 10/SOAL102/SOAL102-01.jpg</p>

menjadi

file:///C:/Users/geoni/Dropbox/KBM/PERANGKAT LIVE TIME K13/PENILAIAN/PENILIAN KOGNITIF/KELAS 10/SOAL102/SOAL102-01.jpg

dengan find/replace. membuang <p>____</p> untuk menghilangkan pengaturan paragraf, karena data yang kita masukkan adalah image, bukan teks.

kemudian save file tersebut dengan format XML.

Langkah terakhir buka file kartu soal dalam Adobe Illustrator. klik menu variable kemudian load variable library.  Jika variable XML benar maka sejumlah variable akan masuk pada data variable.

Kemudia pilih “Indikator Pencapaian Kompetensi” pada dokumen Ilustrator, dan pilih “IPK” pada data variable, kemudian klik klik Make Text Dynamic, pada tool di menu variable. lakukan hal yang sama untuk data variable berikutnya hingga placeholder dengan SOAL.

Berikutnya klik Capture Data Set.

Kartu Soal dinamis telah selesai dibuat, tinggal proses print.

Lagi butuh soal geografi kelas 10: Boleh downlad di sini

Tanks for reading. 

Diterbitkan oleh

Avatar

admin

lulusan geografi UNJ, sekarang Guru di SMA Negeri 12 Kab. Tangerang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *